KPU CIANJUR : "PEMILIHAN UMUM AMAN DAN DAMAI"

 


WARTAALENGKA, CIANJUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten cianjur mengadakan forum sosialisasi (13/2/2024) di Ballroom Green Bydel Hotel, Cianjur dengan tema “pemilihan umum aman dan damai”. Forum tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan sistem pelaksanaan pencoblosan istimewa, yakni pencoblosan yang dilakukan oleh orang-orang dengan kebutuhan khusus seperti ODGJ, narapidana, orang sakit dan sebagainya.

Forum di mulai oleh moderator, diawali dengan menyanyikan Indonesia raya dan Jingle pemilu serentak. Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan forum oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Cianjur bapak Muhammad Ridwan. Ia berpesan agar seluruh insan media turut membantu dalam mensukseskan pemilu 14 februari 2024, ia juga berpesan kepada insan media untuk turut mengawasi dan mengawal seluruh jalannya tahapan pemungutan dan perhitungan suara khususnya di wilayah kabupaten Cianjur.

Forum dihadiri oleh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur bapak Fikri Audah Nsy, Bapak Rustiman dan Bapak Abdul Latif. Forum juga turut dihadiri oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) beserta anggota.

Bapak Fikri mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan karena berkesempatan untuk berada dalam forum ini. Ia menyampaikan bahwa forum ini dibuat untuk merayakan hari pers nasional dan ajang bersilaturahim dengan para peserta forum.

Forum ini banyak membahas tentang peran media untuk mendorong dan menstimulasi masyarakat untuk bisa menggunakan hak suaranya saat nanti pemilihan, forum ini juga menjelaskan macam-macam data pemilihan, diantaranya :

1.      Jika seorang pemilih mengalami kesulitan menggunakan hak suaranya disebabkan sakit maka petugas di masing-masing TPS yang mendatangi pemilih, bukan pemilih yang dating ke TPS namun tetap menjaga kerahasiaan pemilih.

2.      Cara seorang narapidana menggunakan hak suaranya tidak jauh berbeda dengan orang sakit, yakni petugas TPS yang mendatangi narapidana di lapas.

Dengan hadirnya forum ini, diharapkan para insan media untuk mendukung pelaksanaan pemilu dengan memberikan dorongan yang positif dan semangat. (alengka/nursyahri)

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama