KONDISI SUMEDANG SETELAH DILANDA ANGIN KENCANG


sumber foto : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.smithsonianmag.com%2Fscience-nature%2Fhow-and-why-do-violent-tornadoes-form-180983140%2F&psig=AOvVaw3WM2ugrP3mmVoF3qhvhA_a&ust=1708651219133000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBMQjRxqFwoTCNj56_njvYQDFQAAAAAdAAAAABAJ

WARTAALENGKA, BANDUNG – Bencana angin puting beliung melanda Kabupaten Sumedang dan Bandung di Provinsi Jawa Barat pada Rabu sore, 21 Februari 2024.

 Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, kejadian tersebut terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Sumedang dan tiga kecamatan di Kabupaten Bandung.

 Untuk Kabupaten Sumedang, wilayah yang terkena dampak meliputi Kabupaten Jatinangol dan Cimangun, sedangkan untuk Kabupaten Bandung, wilayah yang terkena dampak adalah Kabupaten Cireuni, Langkaek, dan Cikalenka.

 Juru Bicara BPBD Jabar Hadi mengatakan, 31 warga kedua wilayah tersebut mengalami luka-luka akibat bencana alam tersebut.

 “Korban di Kabupaten Sumedang sebanyak 413 KK dan 12 orang luka-luka.

 Sedangkan di Kabupaten Bandung, luka-luka sebanyak 19 orang  dan dilarikan ke RSUD Cikarenka dan RSKK, ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikJabar, Kamis (22 Februari 2024).

 Hadi menambahkan, jumlah pasti korban dalam kejadian ini masih dalam pendataan dan validasi. "Upaya yang sedang dilakukan BPBD Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumedang dan BPBD Kabupaten Bandung melakukan assessment ke lokasi kejadian," tuturnya.

Selain itu dilaporkan 17 unit pabrik dan 87 rumah alami kerusakan. "Kabupaten Sumedang, 13 unit bangunan pabrik terdampak dan 10 unit rumah rusak sedang. Kabupaten Bandung, empat bangunan pabrik dan toko terdampak, 47 unit rumah rusak ringan, 14 unit rumah rusak sedang dan 26 unit rumah rusak berat," kata Hadi.

Dalam proses evakuasi, BPBD dibantu Basarnas, TNI, Polri dan aparatur setempat bersama warga sekitar membersihkan puing-puing dan membantu menebang pohon yang menghalangi jalan

BPBD Jawa Barat memberikan bantuan berupa 25 lembar terpal, pemasangan 1 unit tenda dari batalyon 330 dan 1 unit dari Kemensos untuk warga Kampung Situbuntu RT 04 RW 02, Desa Mangun Arga, Kecamatan Cimanggung.

"Kondisi saat ini pembersihan puing puing yang berserakan dan pendataan warga yang terdampak dan assessment dilanjutkan esok hari," pungkasnya.
(alengka/nursyahri)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama