FAKTA TORNADO BANDUNG

 

sumber foto : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.ravemobilesafety.com%2Fblog%2Fadvanced-planning-tornadoes-prepares-communities-forlast-minute-danger%2F&psig=AOvVaw3WM2ugrP3mmVoF3qhvhA_a&ust=1708651219133000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBMQjRxqFwoTCNj56_njvYQDFQAAAAAdAAAAABAE

WARTAALENGKA, BANDUNG – Rabu (21 Februari 2024), angin puting beliung dahsyat meluluhlantahkan wilayah perbatasan Bandung dan Sumedang.

 Rekaman beberapa detik angin yang menghempaskan berbagai benda pun ikut viral.

 Faktanya adalah:

1. Terjadi pada sore hari Pada Rabu sore (21/02/2024), terjadi angin puting beliung  di perbatasan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

 Sejumlah besar bahan bangunan berserakan dalam kejadian tersebut.

 “Kejadiannya sekitar pukul 15.

58 WIB,” kata Yuan, warga Haupgur Langkaekek, melalui telepon.

2. Atap Pabrik Rontok Tersapu Angin

Salah satu pabrik yang terdampak oleh bencana puting beliung yakni pabrik tekstil PT Kewalram Indonesia Unit 1. Atap pabriknya yang berbahan seng tampak porakporanda usai diterjang angin puting beliung.

Wati, salah seorang pegawai PT.Kewalram menyebut, bencana angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat kejadian, dirinya saat itu sedang bekerja di dalam pabrik.

3. Truk Bergulingan

Dalam salah satu video yang diterima detikJabar, dampak dari angin kencang ini juga membuat sejumlah truk yang berada di kawasan Industri Rancaekek Dwipapuri Abadi terguling.

Dalam video berdurasi 29 detik itu, terlihat perekam memperlihatkan suasana di jalan yang tak jauh dari gerbang masuk menuju kawasan industri yang terletak di Jalan Raya Bandung-Garut.

4. Gelap Gulita

Aliran listrik mati sejak pukul 16.00 WIB, ketika angin itu baru saja mengamuk. Angin mengamuk di Desa Cintamulya, Jatinangor merambat hingga ke Desa Sukadana, Kecamatan Cimanggung.
5. 2 Orang Warga Terluka

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyebut, terlaporkan dua orang warga terluka hingga Rabu (21/2/2024) sore.

6. 5 Kecamatan Terdampak

BPBD Kabupaten Sumedang menyebutkan angin kencang terjadi di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor. Selain di Sumedang, kejadian sama juga dirasakan masyarakat di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, yaitu Kecamatan Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi.

7. 6 Pabrik Terkena Imbas

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang Atang Sutarno menyebut, berdasarkan data sementara, ada 6 pabrik yang terdampak akibat bencana angin puting beliung. Namun demikian, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan untuk memastikan dampak pasca bencana.

 (alengka/nursyahri)


 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama